Sebelum Dimodifikasi, Ketahui Komponen Dasar Audio Mobil Berikut

Saat membeli mobil baru, banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Harga dan spesifikasi mobil adalah faktor utama yang diperhatikan. Dan kini, banyak pula yang melihat pada aneka aksesoris penunjang kenyamanan ketika berkendara, diantaranya adalah sistem audio mobil. Sebab belum tentu semua mobil baru punya sistem audio berkualitas standar yang dapat memanjakan telinga. Sehingga, upgrading atau modifikasi pada sistem audio mobil tentu diperlukan.

Sebelum memodifikasi audio mobil, maka ada baiknya mengetahui apa saja komponen dasar audio mobil, termasuk jenis dan fungsinya.

Head Unit

Komponen yang merupakan 'otak' pengatur sinyal di semua alat yang terhubung pada sistem audio mobil. Saat ini, head unit sudah begitu canggih dalam fungsi dan penggunaannya sehingga pengguna lebih mudah dalam pengaturan audio. Rata-rata berteknologi layar sentuh dengan aneka pilihan menu seperti pengaturan volume, keseimbangan equalizer, input suara dari DVD player ataupun USB, hingga fungsi-fungsi tambahan lain seperti bluetooth, radio hingga GPS.

Amplifier

Komponen yang berfungsi untuk memperkuat sinyal suara dari head unit untuk membaginya dalam volume yang tepat di masing-masing komponen. Fungsi amplifier lainnya yaitu untuk menambah daya kepada subwoofer lebih besar agar berfungsi maksimal sehingga makin menunjang kualitas suara yang dihasilkan speaker menjadi lebih jernih dan kuat.

Speaker

Speaker mempunyai membran yang menggetarkan udara sehingga menghasilkan suara. Fungsi speaker yaitu menyalurkan sinyal elektrik yang diolah head unit agar menjadi suara yang dapat didengar. Sebagai misal dalam sebuah lagu, ada berbagai macam jenis suara dengan frekuensi yang berbeda namun bisa bersatu menimbulkan harmoni yang indah. Maka untuk mengoptimalkan suara yang dihasilkan, perlu pula memilih tipe speaker audio mobil yang sesuai dengan frekuensi suaranya.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment